Sunday, October 9, 2011

Optimalkan Loading Blog Dengan Tag <b:if>

/ Sunday, October 9, 2011 /

Optimalkan loading blog dengan tag <b:if> - Tag <b:if> adalah tag yang biasa kita temui dalam sebuah template blog. Selain berfungsi merubah tampilan antar halaman home page dengan halaman isi, ternyata tag <b:if> juga sangat ampuh di gunakan buat mengurangi/mempercepat loading blog.

Pada halaman awal/home paga, Perhatikan source kode blog ( bisa klik kanan  "view source" ) Perhatikan adakah kode CSS yang tak digunakan di  halaman depan blog anda, tetapi tetap di muat? Selain kode Css, perhatikan juga Java script yang tidak digunakan di halaman depan blog anda. tetapi juga tetap di muat?

Sebagai contoh  misalnya kode CSS buat Komentar. Mengapa kita membiarkan kode css ini dimuat di halaman depan blog sedangkan kita tak membutuhkan. Perhatikan juga jika kita menggunakan Related post, Mengapa kita membiarkan Java script untuk related post ini dimuat di halaman depan blog tetapi kita sendiri belum membutuhkannya. Begitu sebaliknya pada saat kita berada pada isi/content/posting. ada javascript yang sebenarnya tak perlu, yaitu javascript untuk Readmore.

Dengan kasus seperti diatas, kita bisa menyimpulkan ada kode Css maupun java script yang jika tak di load tidak akan berpengaruh pada tampilan atau Bentuk blog kita.

Cari kode ]]></b:skin> di template blog, kemudian tambahkan kode berikut di bawahnya.

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<style type='text/css'>
Taruh kode CSS yang hanya ingin di tampilkan di halaman depan, tetapi tidak diperlukan di halaman posting misal Page nav
</style>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style type='text/css'>
Taruh kode Css yang hanya ingin di tampilkan pada halaman posting, tetapi tidak diperlukan di halaman depan
misal Komentar, related post , breadcrum dan sebagainya.
</style>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
Taruh java script yang hanya dibutuhkan pada halaman depan blog saja misal Autoreadmore
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
Taruh kode java script yang hanya di butuhkan pada halaman posting/ content saja misal related post
</b:if>

Sedangkan kode Css atau javascript yang dibutuhkan di halaman depan maupun halaman posting dibiarkan saja seperti awalnya.

Dengan cara ini, setidaknya kita Mengurangi loading blog dengan menghilangkan kode css atau java script yang tak di perlukan

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 Note Life Blogger, All rights reserved
[Close]